You are here
Home > FIA WEC > Charlie Eastwood: “Traffic” Tantangan Terberat di Imola

Charlie Eastwood: “Traffic” Tantangan Terberat di Imola


Ilustrasi - Charlie Eastwood: “Traffic” tantangan terberat di Imola. (fiawec)

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Kurang dari seminggu lagi, lomba ketahanan FIA WEC akan berlangsung di dataran Eropa, untuk pertama kalinya musim ini, saat semua pebalap adu kecepatan di Italia dalam lomba yang bertajuk 6 Hours of Imola, pada 19 – 21 April 2024.

Ini merupakan pertama kali WEC mampir di Imola, namun banyak pebalap dan tim tidak asing lagi dengan sirkuit itu karena sudah membalap di tempat itu, dengan jenis balapan berbeda.

Sebagian pebalap sudah melakukan tes di sirkuit sepanjang 4,9km Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari – dan sebagian lainnya sudah pernah membalap di sirkuit itu.

Satu hal yang pasti diakui para pebalap, tantangan besar yang akan dihadapi mereka adalah bagaimana caranya mengatasi “traffic” saat membalap di sirkuit itu.

TF Sport baru-baru ini melakukan tes di Imola menggunakan Corvette Z06 LMGT3.R dan fiawec.com mendengar dari salah seorang pebalapnya, Charlie Eastwood, yang mengomentari sirkuit.

Saya kira semua pebalap memiliki pemikiran sama bahwa balapan di sini merupakan balapan super ketat termasuk trafficnya,” jelas pebalap dari Irlandia Utara itu.

“Yang saya ketahui, Imola memiliki karakteristik salah satu lintasan tua di Eropa. Dengan karakter itu, untuk saling melalui antara kendaraan LMGT3 dan Hypercar akan sangat sulit.  Bisa-bisa akan terjadi Hypercars terhalang di belakang mobil-mobil GT3 sampai setengah putaran (lap) bahkan bisa sepertiga putaran. Bila ini terjadi, tentu saja akan merugikan para pebalap.”

Eastwood menambahkan, “Ketika kami melakukan  testing, kami mengetahui jarak waktu mobil GT3 dan Hypercar amat pendek dibanding dengan di sirkuit lain. “

“Alasan utamanya adalah Imola bagi kendaraan GT3, dapat melampaui kerbs dengan baik.  Ada semacam bentuk baru kerb di sirkuit itu dan GT3 mampu melewatinya. Dalam testing, Corvette melakukannya dengan baik, tetapi tidak demikian halnya dengan mobil Hypercars. Mereka harus berjuang lebih keras. Ini balapan menarik dan belum dapat diprediksi jalannya laga.”Pebbalap Porsche Penske, Andre Lotterer, yang juga melakukan tes baru-baru ini di Imola, menambahkan apa yang dikomentari Eastwood. “Balapan paling menantang. Ini bukan sirkuit besar dan tidak lebar, jadi bila terjadi traffic akan menyusahkan. Kuncinya adalah menyetel kendaraan sedemikian rupa,” katanya.

Pebalap Indonesia, Sean Gelael, akan turun berlaga di Imola bersama tim WRT, mengendarai BMW M4 di kelas LMGT3. Sean satu tim dengan juara dunia MotoGP, Valentino Rossi, dengan mengendarai mobil berbeda.

Jadwal lomba: Waktu setempat.

Jumat 19 April

Latihan bebas 1: 12:00 – 13:30

Latihan bebas 2: 17:15 – 18:45

Sabtu 20 April

Latihan bebas 3: 11:10 – 12:10

Penyisihan + Hyperpole: 14:45 – 15:55

Minggu 21 April

Race: 13:00 – 19:00.  (fiawec / arl)

Leave a Reply

Top