You are here
Home > Rally > Duo Gelael akan geber dua Hyundai di APRC Danau Toba 2023

Duo Gelael akan geber dua Hyundai di APRC Danau Toba 2023


Hyundai yang akan dinaiki Ricardo Gelael di Reli APRC Danau Toba 24-26 November 2023. (rg)

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Duo Gelael alias ayah dan anak, Ricardo Gelael dan Sean Gelael, masing-masing akan mengendarai Hyundai i20 N tipe Rally 2 pada kejuaraan final APRC Danau Toba 2023 yang berlangsung di kawasan Parapat, Danau Toba, 24-26 Movember 2023.

“Saya dan Sean kali ini akan menaiki Hyundai,” kata Ricardo Gelael ketika dihubungi Senin, tentang kepastian keikutsertaan mereka di ajang putaran akhir kejuaraaan APRC Rally 2023 itu.

Ricardo menyatakan, ia akan tampil didampingi Gabriel Morales asal Brasil sedangkan Sean akan dibantu co-driver asal Portugal, Hugo Magalhaes.

Sean Gelael dan Hugo Magalhaes sebelumnya menang meyakinkan pada Reli Danau Toba – APRC Asia Rally Cup 2023 pada Minggu 24 September 2023.

Ketika itu, Ricardo yang mengendarai Citroen C3 Rally2 bersama Gabbriel Morales, finis di peringkat 10.

Berlangsung sengit

Kejuaraan putaran final APRC Danau Toba mendatang diperhitungkan akan berlangsung sengit karena beberapa pereli papan atas berpeluang tampil sebagai juara nasional atau APRC.

Dari Medan diberitakan, kejuaraan grand final APRC itu akan diikuti sebanyak 65 pereli dari dalam dan luar negeri.

“Yang telah konfirmasi ikut di grand final mendatang berasal dari Jepang, Thailand, Malaysia, New Zealand, India dan pereli tuan rumah Indonesia,” jelas Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution, di Medan, Sumatera Utara.

Ia menyebutkan akhir pekan lalu, sampai saat ini tercatat sembilan pereli dari lima negara yang akan berlaga, dengean total 65 peserta.

“Antusias peserta melebihi kuota yang kami harapkan, makanya kami batasi hanya maksimal 65 peserta saja,” ujarnya.

Hyundai yang akan digeber Sean dan Hugo di APRC Danau Toba, 24-26 November 2023. (rg)

Peserta lokal yang mengikuti grand final rally itu di antaranya berasal dari dari Jakarta, Kalimantan, Sumut, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Timur dan lainnya.

Super SS
Persiapan panitia pada kejuaraan APRC ini sudah maksimal, hanya tinggal penambahan super SS dan ada penambahan SS yang dipanjangkan.

APRC Grand Final akan menghadirkan trek “super special stage” sepanjang 433, 35 kilometer di kawasan Toba.

Musa Rajekshah sebagai peserta mengatakan untuk persiapan telah maksimal dalam menghadapi grand final APRC tersebut.

Menurutnya, ini menjadi seri terakhir kejuaraan nasional dan ia sendiri kini berada di posisi kedua klasemen sementara pada 2023.

“Kami urutan kedua nasional, semoga bisa menjadi juara nasional di 2023 ini,” kata Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah.

Ijeck mengatakan, aka nada penambahan lintasan di kebun teh Tobasari, Toba. Kawasan itu, menurutnya, akan menjadi tantangan tersendiri karena lintasan menantang.

“Karena tanahnya sedikit berpasir, tikungan cukup banyak. Tapi, bagi penonton lintasan, banyak tempat menonton, jadi tantangannya lebih seru,” ucap mantan Wakil Gubernur Sumut ini.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan APRC grand final membantu pemerintah semakin mengenalkan pariwisata Sumut.

“Prinsipnya kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat mendukung terselenggaranya APRC, yang nantinya akan menuju World Rally Championship (WRC). Kita berharap melalui ajang ini Danau Toba semakin dikenal, pariwisata Sumut semakin dikenal,” kata Hassanudin. (arl)

Leave a Reply

Top