You are here
Home > Rally > Ijeck Juara Seri I KFC Danau Toba Rally 2023

Ijeck Juara Seri I KFC Danau Toba Rally 2023


Ijeck tampil sebagai juara pertama KFC Danau Toba Rally 2023, sebagai putaran pretama nasional, bersama navigator Hervian Soejono. (dtk)

MEDIABALAP.com (Parapat) – Musa Rajekshah  (Ijeck) berpasangan dengan co-driver Hervian Soejono dari BLA BLA BLA Motorsport naik podium pertama pada kejuaraan nasional KFC Danau Toba Rally yang berlangsung 24-25 Juni 2023.

Ijeck, mengendarai Skoda Fabia R5, berhasil menyiasati karakter lintasan yang terbilang unik dan berat di areal hutan tanaman industri PT Toba Pulp Lestari, Sektor Aek Nauli, Parapat, Sumatra Utara, Minggu 25 Juni 2023.

Laga terganggu akibat hujan deras yang mengguyur lintasan pada Minggu pagi, sehingga pimpinan lomba Elwin Siregar membatalkan SS7 Aek Nauli dan SS8 Huta Tonga karena dinilai membahayakan dan tak memungkinkan untuk dua SS ini dilanjutkan.

Sejumlah pereli yang bertahan kemudian menuntaskan special stage terakhir atau SS9 gabungan lintasan rally Aek Nauli-Gorbus sepanjang lebih dari 24 km.

Ijeck-Hervian yang sejak hari pertama memimpin jadi yang tercepat bisa menuntaskan keseluruhan prosesi lomba dan tampil menjadi juara KFC Danau Toba Rally 2023.

Ijeck dengan prestasi terbaiknya naik di puncak podium dengan catatan waktu 1 jam 43 menit 18 detik. Disusul oleh H Rahmat/Hade Mboi dengan Hyundai i20 R5 dari team LFN Sederhana lebih dari 3 menit di belakang Ijeck.

Pereli berbakat sebagai bintang yang sedang menanjang, Bintang Barlean dari Batam yang tampil sensasional di event itu berada di posisi 3 namun tetap jadi raihan terbaik bagi remaja itu. Bintang terkejar 44 detik di SS9 oleh H Rahmat dalam duel seru yang sangat ketat.

Sementara Ricardo Gelael yang berpasangan dengan Hugo Ismael asal Portugal, dari team KFC Jagonya Ayam yang membesut Citroen R5, tetap semangat lewat perjuangan keras dan bangkit dari problem teknis di awal lomba.

Namun Ricardo yang juga ayah Sean Gelael ini tidak mampu menembus best 10 overall KFC Danau Toba Rally 2023, kendati tampil tercepat mengalahkan Ijeck pada satu SS yang dimainkan pada Leg2.

Sedangkan Ijeck yang jadi juara tak berupaya untuk menyembunyikan kegembiraannya.

“Alhamdulillah, atas ridho Allah SWT serta dukungan semua pihak yang bekerja keras untuk tim, saya bisa menjadi yang terbaik di putaran 1 Kejurnas Speed Rally musim 2023 ini,” kata Ijeck.

Perbaiki lintasan

Musa Rajjekshah atau Ijeck, yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menutup secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli Putaran l, KFC Danau Toba Rally 2023 di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Minggu (25/6/2023).

Pada kesempatan itu,  Ijeck berjanji akan memperbaiki lintasan reli agar lebih baik lagi dengan bantuan TPL.

Ijeck berniat keras membawa kembali seri kejuaraan dunia WRC ke Tanah Air, setelah sebelumnya Sumut sebagai tuan rumah pada 1996 dan 97. (kominfo)

“Kami berterima kasih kepada kawan-kawan IMI Sumut, perjuangannya luar biasa karena melaksanakan reli ini kita tahu perlu biaya. Jadi karena Pak Harun berjuangnya dengan tulus dan ikhlas, kemudian Bang Ricardo Galael pun membantu lewat KFC maka jadilah reli nasional ini, ” katanya.

Ia melanjutkan, menjelang reli berikutnya pada September mendatang, pihak IMI dan TPL, akan lakukan perbaikan pada lintasan. “TPL sudah menyanggupi mungkin nanti ada beberapa trek yang kita pindah tempatnya sehingga kalau hujan atau kering tidak ada masalah, “tambah Ijeck, sebelum penutupan.

Menurutnya, tahun ini sebagai tahunnya kejuaraan reli di Sumut karena perjuangan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut dan seluruh pereli di Sumut. “Event ini tak semata-mata untuk kami yang suka reli saja, kegiatan ini efeknya untuk memajukan pariwisata di Sumut, khususnya Danau Toba, ” kata Ijeck.

Ijeck menceritakan, saat ia beraudiensi dengan Kementerian dan Presiden RI Jokowi, pihaknya bersama IMI menyampaikan ia mendorong event-event reli hadir di Indonesia, khususnya Sumut, bukan sekedar ingin memenuhi hobi.

“Kami sampaikan kalau ini bukan semata-mata untuk hobi. Lebih murah bila kami main ke luar negeri, ke Australia, ke New Zealand atau lainnya. Lebih murah kalau kami mau menikmatinya untuk diri kami sendiri. Tapi alangkahnya baiknya uang yang kita bawa ke luar itu, rame-rame kita keroyokan bikin relinya di Indonesia, di Sumut karena yang menikmati bukan hanya pereli tapi pemerintah, daerah juga negara khsusnya masyarakat sekitar akan terangkat ekonominya, “ujarnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengawas Pusat Jeffry JP mengatakan kerja keras seluruh pihak yang terlibat di cuaca hujan dan panas akhirnya berbuah hasil. “Semuanya selesai saya mewakili IMI Pusat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Semoga kaloborasi ini bisa terus terwujud hingga September, November dan goes to WRC, “katanya.

Hadir dalam acara penutupan itu Ketua IMI Sumut yang juga Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Dirut TPL Sandeep Bhala, Deputi Direktur TPL Linggom Dongoran, Kepla Pusat Penelitian Kelapa Sawit Edwin Syahputra Lubis, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto. (him/arl)

Leave a Reply

Top