You are here
Home > BERITA > Mengenal Lebih Dalam Mobil Balap dan Mesin Formula 2 Sean Tahun 2017

Mengenal Lebih Dalam Mobil Balap dan Mesin Formula 2 Sean Tahun 2017


Mengenal Lebih Dalam Mobil Balap dan Mesin Formula 2 Sean Tahun 2017

MEDIABALAP.com, JAKARTA – Sejak tahun 2011, Formula 2 sudah diperlombakan menggunakan 1 tipe chassis, yaitu Dallara GP2/11. Dallara adalah pabrikan rangka mobil balap berlokasi di Parma, Italia, yang sudah malang melintang sejak tahun 1972 membangun mobil balap untuk berbagai seri seperti, IndyCar dan Indy Lights, World Series by Renault, GP3 Series dan tentunya GP2 yang sekarang disebut Formula 2.

Inti dari mobil balap Formula 2, tempat di mana pembalap duduk, disebut Survival Cell. Sebuah struktur terbuat dari lembaran karbon mengapit struktur sarang lebah dari aluminum (carbon/aluminium honeycomb structure).

Bahan carbon juga digunakan untuk sayap depan dan belakang. Bagian-bagian body sendiri terbuat dari struktur sarang lebah berbahan karbon Kevlar yang ringan tapi kuat. Dengan penggunaan material berteknologi tinggi seperti ini, mobil balap Formula 2 hanya berbobot 688kg, termasuk bobot pebalapnya.

Pada chassis ini terpasang suspensi double wish bone yang tersambung pada peredam kejut melalui pushrod. Untuk pegasnya sendiri, yang digunakan bukanlah pegas ulir melainkan batang torsi.

Tentunya sebagai sebuah mobil balap sejati, baik ketinggian mobil, kemiringan roda (camber) dan arah sudut roda (toe) semuanya bisa disesuaikan dengan karakter pebalap dan sirkuitnya.

Peredam kejut yang digunakan di depan bisa disesuaikan kekakuannya baik untuk arah kompresi maupun regangan. Untuk peredam kejut belakang, masing-masing kompresi maupun regangan dapat disesuaikan untuk pergerakan lambat (misalnya saat melalui tikungan) maupun pergerakan yang cepat (misalnya saat melalui jalan yang tidak mulus), sehingga sering disebut 4-way adjustable. Dipadukan dengan paket aerodinamika yang dirancang sedemikian rupa, sebuah mobil Formula 2 dapat menikung hingga menghasilkan gaya 3.9G.

Di balik roda magnesium dengan diameter 13 inci, terdapat piringan rem karbon yang dijepit oleh kampas rem terbuat dari karbon juga untuk pengeremam maksimal bahkan saat piringan membara karena panas. Lebar roda depan adalah 12 inci (sekitar 30cm) dan belakang 12.7 inci (sekitar 32cm), semuanya dibungkus dengan ban slick satu merek.

Mesin mobil balap Formula 2 adalah berkapasitas 4 liter dengan konfigurasi V8. Mesin yang dibuat oleh Mecachrome ini mampu menghasilkan 612 daya kuda pada putaran 10,000rpm. Torsinya sendiri adalah 500Nm yang dihasilkan pada putaran 8,000rpm.

Mesin ini tersambung melalui kopling karbon pada transmisi manual 6 percepatan yang dikendalikan dengan paddle shift di belakang setir. Dengan tenaga dan torsi sebesar ini, sebuah mobil balap Formula 2 mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 2.9 detik dan jika dilanjutkan, dalam 6,6 detik sudah menembus 200km/jam. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah 330km/jam. (sean-gelael.com/waw)

Leave a Reply

Top