You are here
Home > Rally > Ricardo dan Sean Gelael Ramaikan Kejurnas Sprint Rally di Malang

Ricardo dan Sean Gelael Ramaikan Kejurnas Sprint Rally di Malang


Ricardo Gelael ketika mencoba lintasan Reli Sprint Malang. Perlombaan berlangsung Sabtu dan Minggu (jagonya ayam)

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Tampil di Kejurnas Speed Rally saja ternyata tidak cukup bagi Ricardo Gelael. Pebalap senior yang juga juara nasional reli 2006 tersebut ikut meramaikan Kejurnas Sprint Rally di Malang, Jawa Timur, 22-23 Juli 2023.

Ricardo tak akan sendirian sebagai wakil Jagonya Ayam Motorsport. Mengendarai Citroen C3 R5, dia ditemani sang anak, Sean Gelael. Bedanya, bila ayah turun sebagai peserta murni, anak berlomba dalam statusnya sebagai pebalap ekshibisi.

Sejak Rabu (17/7) keduanya sudah berlatih di Sirkuit Puslatker TNI AL. Ricardo dan Sean secara bergantian didampingi co-driver Ian Soejono. Sirkuit di perkebunan tebu itu sendiri memiliki satu jenis permukaan, gravel (tanah liat) sehingga debu adalah bagian dari tontonan yang tercipta.

Latihan terakhir digelar Jumat dan diikuti lebih banyak peserta dibanding latihan sebelumnya. Total 150 pebalap selama dua hari bakal beradu cepat untuk total 21 km dari 4 SS yang disediakan, baik clockwise (searah jarum jam) maupun sebaliknya.

Pada latihan Jumat, Sean menjadi yang tercepat dari dua run alokasi waktu yang diberikan panitia. Sementara itu Ricardo terhalang oleh bendera kuning pada run keduanya.

Pada run 1 Sean mencatat 2 menit 15.6 detik untuk lintasan latihan sepanjang 3 km. Dua pebalap LFN Sederhana Motorsport membuntuti Sean, yakni H. Rahmat (Hyundai) dan H. Putra Rizky (Skoda).

Pada run 2 Sean mempertajam waktu menjadi 2:14.7, di mana kali ini andalan Banteng Motorsport, Bimo Pradikto (Toyota) jadi nomor dua dan H. Putra kembali di posisi tiga.

Pada run 3, pebalap Delta Garage Racing Team, Dypo Putra (Ford) menjadi yang tercepat diikuti H. Putra.

Ricardo dan Sean Gelael diskusikan lintasan Kejurnas Sprint Rally Malang. (jagonya ayam)

“Saya berpartisipasi selain mendukung ayah, juga untuk meramaikan kejuaraan ini. Senang melihat begitu banyaknya peserta dan dari beragam jenis mobil. Soal hasil urusan nanti, besok kita nikmati saja reli ini,” kata Sean.

Sementara Ricardo berjanji untuk mengerahkan segenap tenaga dan kemampuan pada “hari perang” sesungguhnya mulai Sabtu. “Besok saya akan tancap gas. Latihan Jumat ini saya menyimpan tenaga, karena saya merasa lelah setelah latihan sejak Rabu,” katanya.

Jadwal Sprint Rally Malang

Sabtu, 22 Juli

SS1 – Puslatker TNI AL anti-clockwise 5,25 km

SS2 – Puslatker TNI AL anti-clockwise 5,25 km

Minggu, 23 Juli

SS3 – Puslatker TNI AL clockwise 5,25 km

SS4 – Puslatker TNI AL clockwise 5,25 km. 

(Arl/Wto)

Leave a Reply

Top