You are here
Home > RELI > Ricardo Gelael “Turun Gunung” Ikuti Reli Danau Toba, Sean Pun Siap

Ricardo Gelael “Turun Gunung” Ikuti Reli Danau Toba, Sean Pun Siap


Ricardo dan Sean Gelael mengamati jalannya reli lewat video. (arl)

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Setelah puluhan tahun tidak bersaing di medan laga reli mobil, Ricardo Gelael memastikan diri “turun gunung” dengan mengikuti kejuaraan nasional Reli Danau Toba 2021, akhir minggu ini, sedangkan Sean Gelael pun menyatakan siap tampil.

“Saya ingin menjajal lintasan reli dunia itu, juga ingin merasakan bagaimana mengemudikan kendaraan reli pada event laga dua hari itu,” tutur Ricardo Gelael yang akan didampingi navigator Anthony Sarwono, ketika ditanya motivasinya mengikuti kejuaraan yang juga diikuti puteranya itu.

Sementara Sean Gelael yang akan didampingi Nuno Ismael, menyebutkan ingin memeriahkan kejuaraan reli itu, agar jenis lomba otomotif itu kembali bangkit secara internasional, setelah sebelumnya pada 1996 dan 1997 kawasan itu pernah menjadi perhatian dunia saat berlangsung kejuaraan dunia reli WRC (world rally championship).

“Di Sumatera Utara pernah ada kejuaraan reli Asia Pasifik dan reli dunia WRC dan kita berharap suatu saat ajang laga dunia itu kembali berlangsung di Indonesia, khususnya di kawasan Danau Toba,” kata Sean, yang akan turun pada enam putaran kejuaraan dunia FIA WEC 2022.

Sean menambahkan, ia berusaha belajar terus dalam tiap kesempatan dan pada reli kecepatan (speed) di Danau Toba pun, ia harus berusaha beradaptasi dengan kinerja jenis balapan itu, di antaranya dengan “pace note” yang dibaca navigator.

Ricardo, juara reli nasional 2006, dan Sean yang berada di urutan kelima pada laga sama di tempat sama di kawasan Aek Nauli dan Gorbus dua tahun lalu, – dengan navigator Tony Sircombe-, sama-sama menaiki Cotroen  C3R5 pada lomba 2021 yang berlangsung 11-12 Desember itu.

Ricardo dan Sean Gelael dari tim Jagonya Ayam, akan melakukan “shake-down” di lintasan reli yang akan diikuti sebanyak 56 peserta itu pada Rabu.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut selaku penyelenggaran event nasional ini, berupaya maksimal dalam memberikan yang terbaik, demi suksesnya kegiatan Rally Nasional pada 11-12 Desember 2021.

Ketua Pengprov IMI Sumut Harun Mustafa Nasution mengatakan kepada media, kegiatan Danau Toba Rally 2021 yang dihelat di Hutan Tanaman Industri (HTI)   PT. Toba Pulp Lestari Tbk itu sangat spesial dan mereka bekerja penuh semangat.

Karena selain akan menjadi cikal bakal kembali bergulirnya kejuaran reli tingkat dunia di Sumut, kegiatan ini juga didukung pemerintah dan pihak swasta.

“Alhamdulillah sampai saat ini persiapan terus dilakukan untuk hasil yang terbaik. Kita bersyukur event ini didukung sejumlah pihak, salah satunya pihak TPL yang sangat antusias memberikan dukungan,” ungkap Harun tentang reli sepanjang masing-masing per hari sebanyak enam trayek khusus (SS=special stage) sepanjang 79,46 km dan 78,90 km.

Di antara pereli yang akan tampil pada putaran pertama dan kedua Kejuaraan Reli Danau Toba 2021 itu adalah Pembina Ikatan Motor Indonesia ( IMI ) Provinsi Sumatera Utara, Musa Rajekshah,  yang juga wakil gubernur Sumut, yang tergabung dalam Tim Bla Bla Bla,  yang tak pernah absen dalam setiap kejuaraan reli nasional. (ARL)

Leave a Reply

Top