You are here
Home > BERITA > Sean Gelael Dipercaya Sebagai Pebalap Pertama Timnya Di Le Mans

Sean Gelael Dipercaya Sebagai Pebalap Pertama Timnya Di Le Mans


2021 FIA World Endurance Championship Monza, Italy 15th - 18th July 2021 Photo: Drew Gibson

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Pebalap Indonesia Sean Gelael mendapat kehormatan dan dipercaya menjadi pebalap pertama timnya JOTA pada balapan FIA World Endurance Championship 24 Hours of Le Mans, yang akan berlangsung mulai pukul 21.00 WIB Sabtu (21/8) ini. Sean akan berkolaborasi dan berjuang untuk meraih podium bersama rekan setimnya Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist dengan nomor mobil 28.

Berkaca dari balapan sebelumnya di Le Mans, nyaris semua tim di kelas apa pun memakai pola sama. Satu pebalap diberi waktu sekitar dua jam menyetir, lalu istirahat. Dia akan mendapat kesempatan berikut empat jam kemudian atau setelah dua rekan setimnya membalap masing-masing dengan durasi yang kurang lebih sama.

Waktu jeda membalap empat jam ini bisa digunakan untuk istirahat, apakah untuk tidur secukupnya atau sekadar pijat dan relaksasi.

Regulasi Le Mans 24 Jam menyatakan bahwa setiap pebalap minimal menyetir selama enam jam dan di antaranya harus ada sesi malam. Pola pembagian di atas sudah mengakomodasi regulasi tersebut.

Kekhususan lain Le Mans 24 Jam adalah Safety Car (SC) yang ada tiga. Dan ini adalah ketentuan yang diatur oleh FIA, yakni bila sirkuit yang panjangnya lebih dari 7 km maka SC harus lebih dari satu. Circuit de la Sharte sendiri memiliki panjang 13,6 km. Tiga mobil SC tersebut juga dikendarai oleh orang berbeda sesuai jam tugasnya alias bergantian.

Selain pebalap, para mekanik, teknisi, dan bahkan petugas lapangan (marshal, tenaga medis, dll.) pun sama berat tugasnya. Walau mereka juga bisa bergantian, namun koordinasi tetap dilakukan untuk keseluruhan 24 jam.

Trio Jagonya Ayam yang didukung Pertamina dan BNI ini, bakal gantian menggeber JOTA #28 menyatakan siap 100 persen untuk balapan super hari ini. Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoorne akan memainkan pengalaman mereka yang pernah tampil di ajang serupa walau berbeda kelas.

“Persiapan sudah kita lakukan, sekarang saatnya bertempur dan kami siap,” ujar Sean. “Ayo, kita maju,” balas JOTA di IG mereka. “Kita mesti saling mendukung,” lanjut Stoffel.

Sean memulai balapan dan dua rekannya saling isi hingga finis. Tentu akan sangat indah dan fantastis bila mereka kembali membawa trofi dari podium setelah lelah 24 jam tiada henti bercengkerama dengan kecepatan tinggi.

Seri keempat FIA World Endurance Championship, 24 Hours of Le Mans, digelar pada 21-22 Agustus dan akan disiarkan langsung lewat channel youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com.

Pada klasemen sementara, pebalap yang didukung KFC Indonesia, Pertamina dan BNI ini, masih berada di posisi ketiga dengan nilai 53 poin. Mereka hanya terpaut tiga poin dari tim JOTA 38 dan 21 poin dari tim United Autosport USA. (ATL/WTO)

Leave a Reply

Top