You are here
Home > FIA WEC > Fakta dan Angka dalam FIA WEC 2024

Fakta dan Angka dalam FIA WEC 2024


Logo baru Kejuaraan Dunia FIA WEC 2024. (fiawec)

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Berikut ini fakta dan angka yang dirangkum dari berbagai sisi pada kejuaraan FIA WEC 2024, sebagai event dengan rekor terbanyak baik pebalap mau pun pabrik mobil yang mengikutinya.

Sebanyak 37 pendaftar mewakili delapan negara: Italia (9), Prancis (6), Inggris Raya (6), Jerman (6), Belgia (4), Jepang (3), AS (2) dan Lithuania (1). Daftar ini belum termasuk beberapa pebalap yang masih ditunggu untuk bergabung dengan beberapa tim yang pebalapnya belum lengkap.

Sebanyak 19 peserta tampil dikategoti hypercar dan 18 mobil di kelas LMGT3.

Pada laga 2024 peserta terbanyak bertarung di kelas Hypercar berasal dari tim Alpine, BMW, Lamborghini dan Isotta Fraschini

Total 14 mobil berlaga di semua kelas (Alpine, Aston Martin, BMW, Cadillac, Corvette, Ferrari, Ford, Isotta Fraschini, Lamborghini, Lexus, McLaren, Peugeot, Porsche dan Toyota)

Semua peserta di kelas baru LMGT3 menggantikan kelas kategori lama GTE Am –  dengan total 18 peserta pada tahun 2024.

Hypercar

Ferrari meningkatkan penampilannya di papan atas laga WEC, dengan menambah mobil ketiga Ferrari 499P Hypercar (No. 83 AF Corse entry). Pebalap yang didaftarkan akan menaiki mobil ini adalah mantan pebalap bintang F1, Robert Kubica

Juara dunia Toyota Gazoo Racing akan mencoba mempertahankan gelar Hypercar melalui pasangan Toyota GR010 Hybrids. Nyck De Vries akan menggantikn Jose Maria Lopez menggunakan kendaraan No. 7 (Lopez akan beralih ke GT3 bersama tim Akkodis ASP menggunakan Lexus RC F GT3)

Porsche Penske Motorsport meneruskan kiprah mereka di laga WEC dengan menurunkan dua Porsche 963 Hypercars. Pebalap mereka yang berganti hanya Matt Campbell yang menggantikan Dane Cameron di mobil No. 5 Porsche 963.

Alpine di pabrik mereka mengubah mobil jenis LMP2 ke kelas Hypercar pada lomba 2024 dengan menggunakan semua kendaraan baru A424. Di antara pebalap mereka terdapat mantan pebalap GP Mick Schumacher dan Ferdinand Habsburg, yang bermain di kelas tertinggi setelah sebelumnya berlaga di kategori LMP2

Cadillac Racing tampil lagi dengan mobil yang disukai banyak penggemar: Cadillac V-Series.R. Tim ini menurunkan pebalap Earl Bamber dan Alex Lynn.

Peugeot TotalEnergies menurunkan dua Peugeot 9X8 Hybrid Hypercars, menandari tahun ketiganya di laga WEC. Mantan pebalap Formula E, juara dunia Stoffel Vandoorne, bergabung dengan tim itu sebagai full-time driver.

Tiga Porsche 963 Hypercars lainnya menambah ketat persaingan dengan ikutnya Hertz Team JOTA, plus satu Proton Competition yang ikut lewat Porsche

BMW M Team WRT meramaikan persaingan dengan menurunkan dua BMW M Hybrid V8 yang selama ini sudah ikut laga IMSA musim ini. Dries Vanthoor akan mengendarai mobil No. 15, sedangkan Sheldon Van Der Linde di mobil satunya No. 20.

Lamborghini mengikuti kejuaraan WEC dengan meurunkan mobil Hypercar  Lamborghini SC63 dan Mirko Bortolotti sebagai pebalapnya dan yang lainnya belum diumumkan.

Isotta Fraschini mendaftarkan Isotta Tipo 6-C turun di kategori 2024 Hypercar, bersama Alejandro Garcia dan  Jean-Karl Vernay sebagai salah satu pebalapnya.

LMGT3

Semua peserta kelas baru LMGT3 sebanyak 18 pendaftar menyatakan tampil di kelas ini.

Sebanyak sembilan merek pabrik tampil: Aston Martin (2); BMW (2); Corvette (2); Ferrari (2); Ford (2); Lexus (2); Lamborghini Huracan (2); McLaren (2) dan Porsche (2)

Team WRT (BMW M4 GT3) mendaftar di kelas LMGT3 didukung juara dunia MotoGP tujuh kali Valentino Rossi yang akan mengendarai mobil nomor 46, Sedangkan pebalap asal Brazil, Augusto Farfus, terdaftar di mobil satunya dengan nomor 31.

Mobil kuat dari Inggris McLaren mengikuti laga dunia itu bersama United Autosports, sebagai debut mereka di  LMGT3 bersama pasangan McLaren 720S GT3 Evos.

Spesialis GT Team Akkodis ASP mengikuti WEC membawa dua Lexus RCF didukung Jose Maria Lopez dan Kelvin Van Der Linde, yang masing-masing mengendarai dua mobil tim itu.

Iron Lynx dan Iron Dames tampil lagi dalam ajang laga WEC 2024 – kali ini bersama tim Lamborghini Huracan GT3 Evo2.

Sedangkan tim GTE Am – TF Sport yang sukses pada 2023 bersama Corvette Racing – pada 2024 muncul bersama pasangan mobil Corvette Z06 GT3.R.

Beberapa tim yang muncul lagi pada musim mendatang adalah AF Corse yang ganti nama menjadi Vista AF Corse untuk 2024 (Ferrari 296 GT3), Heart of Racing Team dan D’Station Racing (Aston Martin Vantage GT3), Proton Competition (Ford Mustang GT3) dan Manthey PureRXRacing /Manthey EMA (Porsche 911 GT3 Rs).

Pierre Fillon, President of the Automobile Club de l’Ouest mengatakan,  “Kejuaraan 24 Hours of Le Mans 100 tahun merupakan musim amat bersejarah. Tapi musim depan bahkan bisa jadi akan ada catatan sejarah di laga ketahanan dan bahkan mungkin dalam sejarah otomotif secara keseluruhan. Pabrik mobil raksasa dunia akan berlaga dalam delapan putaran kejuaraan di sirkuit berbeda dan ini terjadi untuk pertama kalinya. Laga di dua kelas bergengsi, Hypercar dan LMGT3. Saksikan ya laga pertama Prolog di di lintasan kondang Lusail International Circuit.” (fiawec/arl)

Leave a Reply

Top