You are here
Home > WEC > Kejuaraan FIA WEC Sebring 1000 Mil Diikuti 37 Mobil

Kejuaraan FIA WEC Sebring 1000 Mil Diikuti 37 Mobil


Kejuaraan FIA WEC Sebring sebagai putaran awal kompetisi 2023 akan berlangsung pada 18 Maret 2023. Lomba itu diawali dengan sesi latihan bebas, latihan resmi dan kualifikasi, diakhiri dengan lomba. (fiawec)

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Sebanyak 37 mobil, di antaranya 11 kendaraan jenis Hypercars dan 12 kelas LMP2,akan tampil pada putaran awal kejuaraan ketahanan FIA WEC 2023 di Sebring International Raceway di Florida, AS, pada kegiatan lomba yang dimulai Rabu, 15/3/23, waktu setempat.

Di ajang pembuka kompetisi 2023 itu, pebalap Indonesia Sean Gelael akan turun di kelas LMP2 bersama Robin Frinjs serta Ferdinand Habsburg asal Austria – menggantikan Rene Rast yang dalam masa pemulihan dari cedera ketika berlaga di ajang Formula E di Meksiko.

Dari 12 mobil LMP2 yang akan berlaga di lintasan Sebring bekas landasan udara Perang Dunia II itu, terdapat Hertz Team JOTA, yang berlaga di atas  Oreca 07 Gibson sebelum beralih ke Hypercar akhir musim ini.

Seperti terjadi pada lomba-lomba sebelumnya, kategori LMP2 selalu berlangsung menarik, diikuti beberapa pebalap kondang termasuk mantan pebalap Formula 1 Daniil Kyatt.

Kyatt akan berlomba membawa nama tim Prema Racing bersama pebalap wanita dari Prancis, Doriane Pin.

Mantan pebalap F1 lainnya, Robert Kubica, seperti dilansir dalam laman fiawec.com,  akan membalap bersama Team WRT – tim Belgia yang meraih gelar juara LMP2 pada 2021. Mobil Team WRT lainnya adalah kendaraan  nomor 31 yang akan dipacu Sean Gelael, yang berada di urutan kedua pada kompetisi tahun lalu bersama WRT dan juga di urutan kedua pada 2021 ketika membalap bersama tim JOTA.

Alpine Elf Team sedang mengkampanyekan niat naik ke kategori Hypercar dengan menurunkan dua mobil sedangkan tim Inggris, United Autosports, menurunkan pebalap termuda berusia 17 tahun di LMP2, Josh Pierson, sebagai pebalap lokal di Sebring.

Josh Pierson akan dibantu pebalap debut di WEC, Frederick Lubin yang baru berusia 18 tahun,

Mobil United Autosports lainnya akan dikendarai pebalap berpengalaman di laga ketahanan, Filipe Albuquerque, Tom Blomqvist, Oliver Jarvis dan Phil Hanson. Peserta laga di LMP2 termasuk tim kuat dari Italia, Prema Racing, tim Inggris, Vector Sport, serta  tim dari Polandia, Inter Europol Competition.

Hypercar

Pada perlombaan yang puncaknya berlangsung 18 Maret 2023 itu, untuk laga Hypercar diikuti mobil pabrik Cadillac, Ferrari, Peugeot, Porsche, Toyota, Glickenhaus dan Vanwall.

Juara dunia bertahan Toyota Gazoo Racing akan turun dengan formasi pebalap tidak berbeda dengan tahun lalu, namun mereka akan menghadapi perlawanan keras dari enam pabrik lain, termasuk Porsche Penske Motorsport dan Ferrari AF Corse, yang mengalihkan produk balap mereka dari LMGRE Pro ke Hypercar pada 2023.

Ferrari yang menurunkan mobil baru Ferrari 499P akan berlaga di kejuaraan itu setelah mobil mereka tipe 312 P tampil terakhir kali di kelas lain.

Peugeot TotalEnergies mengikutkan dua mobil Peugeot 9X8 Hybrid Hypercars, dengan pebalap tuan rumah Gustavo Menezes – yang akan mendapat dukungan hebat dari penonton tuan rumah. Ia turun bersama temannya dari Kalifornia,   Dane Cameron (Porsche Penske Motorsport).

Tim berbendera Amerika, Cadillac Racing dan Glickenhaus Racing, juga akan tampil meriah di hadapan pendukung tuan rumah, apalagi kedua tim itu akan menggunakan satu kendaraan di Sebring.

Sementara Floyd Vanwall Racing Team akan tampil dengan kendaraan baru Vanwall Vandervell 680 dan mantan juara dunia F1 Jacques Villeneuve akan berada di balik kemudinya.

LMGTE Am

Di kelas LMGTE Am yang diikuti para pebalap professional dan amatir, juga akan mendapat sambutan meriah dari penonton tuan rumah, terlebih bila menyaksikan Corvette Racing dan pebalap Amerika, Ben Keating.

Keating yang memacu Chevrolet Corvette C8.R, akan didampingi Nicolas Varonne dan Nicky Catsburg.

Ada pula enam pebalap Amerika yang akan tampil di kelas GTE Am : Simon Mann (AF Corse), Michael Dinan (ORT by TF), PJ Hyett dan Gunnar Jeannette (Project 1 AO), Scott Huffaker (Kessel Racing) dan Ryan Hardwick (Proton Competition).

Sebanyak empat pebalap wanita akan berlaga di kelas GTE Am. Pebalap No. 85 Iron Dames, diperkuat Sarah Bovy, Michelle Gatting dan Rahel Frey sedangkan Lilou Wadoux akan mengendarai mobil No. 83 Richard Mille AF Corse Ferrari.

Kejuaraan fiawec Sebring ini akan diawali dengan sesi Prologue pra-musim di Sebring pada 11-12 Maret.

Aksi resmi balapan dimulai pada Rabu 15 Maret waktu setempat dan laga 1000 Miles of Sebring berlangsung tengah hari waktu setempat pada 17 Maret (18 Maret WIB).

Jadwal kegiatan (waktu AS) :

Rabu 15 Maret

Free Practice 1: 10:55 – 11:55

Free Practice 2: 16:35 – 17:35

Kamis 16 Maret

Free Practice 3: 11:55 – 12:55

Qualifying: 18:30 – 19:35

Jumat 17 Maret

Race: 12:00 – 20:00.

(arl/wto)

Leave a Reply

Top