You are here
Home > BERITA > Sean Gelael dan Valentino Rossi Satu Tim, Geber BMW di Balapan 24H Dubai

Sean Gelael dan Valentino Rossi Satu Tim, Geber BMW di Balapan 24H Dubai


MEDIABALAP.com (Jakarta) – Walau kedua pebalap ini masuk dalam keluarga besar Team WRT sepanjang 2022, namun Sean Gelael dan Valentino Rossi tak pernah satu tim lantaran berlaga di kejuaraan berbeda. Sean ikut FIA World Endurance Championship (WEC) dan menjadi runer-up dunia kelas LMP2, sementara itu Rossi di GT World Challenge Europe.

Namun membuka 2023 Sean dan Rossi dipastikan berada dalam satu tim dan berbagi mobil yang sama untuk balapan 24H Dubai. Sean dan legenda MotoGP itu tampil di balapan 24 Jam di Dubai Autodrome, Uni Emirat Arab, pada 13-15 Januari 2023.

Keduanya membela BMW M Team WRT #46, nomor legendaris yang dibawa Rossi ke lomba ketahanan mobil. Mereka ditemani tiga pebalap lain, Maxime Martin (Belgia), Tim Whale (Inggris), dan satu nama yang ditentukan kemudian. Kelimanya menggeber mobil BMW M4 GT3.

24H Dubai adalah balapan ketahanan mobil regional di Timur Tengah yang sudah digelar sejak 2006 dan pada 2015 memakai format 24 Jam. Kelas utama yang dilombakan adalah GT3, di mana Sean, Rossi, dan BMW M Team WRT #46 ambil bagian.

Kelas GT3 diikuti oleh 20 mobil yang merupakan terbanyak dari semua kelas. Selain BMW, pabrikan lain yang ambil bagian adalah Audi, Mercedes, Ferrari, Porsche, dan McLaren.

24H Dubai merupakan wujud kerja sama pertama antara BMW dan Team WRT, di mana tim asal Belgia itu akan bertindak selaku operator manajemen balap BMW terutama di ajang GT sepanjang 2023 dan pada 2024 berpartisipasi di kelas utama FIA WEC, Hypercar/LMDh.

Sean, pebalap Team Jagonya Ayam, mengatakan, “Saya tentu saja senang bisa tampil di 24H Dubai bersama Team WRT. Tahun 2022 saya melewati musim yang bagus bersama mereka dan pada 2023 ini rasanya ingin segera mengendarai GT3, karena kebetulan sejak kecil saya menyukai BMW. Terlebih, saya begitu senang bisa membalap bersama nama-nama seperti Valentino Rossi dan Maxime Martin. Saya yakin, dengan komposisi pebalap yang mengesankan ini kami bisa meraih hasil bagus.”

Team WRT Principal Vincent Vosse menimpali: “Sejak kerja sama kami dan BMW M Motorsport diumumkan Agustus lalu kami tak henti melakukan segala persiapan. Dubai 24 Jam akan menjadi tantangan pertama sekaligus ujian kerja sama kami.”

Team WRT telah dua kali memenangi 24H Dubai, tahun 2016 dan 2022, dan tahun 2023 menurunkan dua mobil. Selain mobil nomor 46, mereka juga mengikutsertakan mobil #7 dengan dua pebalap di antaranya adalah bagian dari tim pemenang tahun 2022: Mohammed Al Saud dan Dries Vanthoor.

Bagi Sean, 24H Dubai ini adalah ajang pemanasan sebelum kembali bertarung di FIA WEC 2023 masih di kelas LMP2. Lomba 24H Dubai bisa disaksikan langsung di kanal youtube 24H SERIES, dengan start pukul 18.00 WIB hari Sabtu (14/1/2023). (arl/waw)

Leave a Reply

Top