You are here
Home > Rally > Tercepat pada Semua SS di Leg 2, Sean Melesat dari Posisi 16 ke P7

Tercepat pada Semua SS di Leg 2, Sean Melesat dari Posisi 16 ke P7


Sean Gelael pada Leg 2 atau hari terakhir Danau Toba Rally 2023 - APRC Grand Finale

MEDIABALAP.com (Parapat) – Sebuah pertunjukan heroik diperlihatkan oleh Sean Gelael pada Leg 2 atau hari terakhir Danau Toba Rally 2023 – APRC Grand Finale. Dari 5 special stage (SS) pada Minggu (26/11) tersebut, Sean yang bertandem dengan Hugo Magalhaes (Portugal) menyabet semua kemenangan di sana.

Mengendarai Hyundai i20 N Rally2, Sean memulai hari dengan ada di posisi 16 klasemen sementara lantaran pada Leg 1 mengalami insiden tabrakan pada SS2 di Tobasari. Setelah itu dia tak mengikuti 5 SS sehingga kena penalti besar, 50 menit lebih.

Namun tekad kuat Sean untuk membuktikan diri dia bisa membuat waktu terbaik pada hari kedua membuatnya langsung tancap gas. Pada SS8 di Negeri Dolok Reverse, lalu SS9 di Tobasari, kemudian SS10 di Gorbus, SS11 di Huta Tonga, dan terakhir SS12 kembali di Negeri Dolok Reverse sebagai lintasan terakhir, Sean/Hugo selalu tercepat.

Total dari kelima SS tersebut Sean unggul 1 menit 43,1 detik atas Rifat alias memangkas waktu sebesar tersebut, walau tak menggoyahkan posisi Rifat karena gap yang terlalu besar akibat penalti Sean. Akan tetapi untuk posisi di bawah Rifat, Sean melakukan lompatan besar.

Bahkan ketika dia sempat terperosok di SS9 Tobasari pun Sean lebih cepat dari Rifat, dengan selisih 20,9 detik! “Saya tergelincir dan mohon maaf kalau ketika recovery terpaksa memangkas daun-daun teh di perkebunan,” kata Sean.

Setelah itu dia terus merangsek naik, dari tadinya di posisi 16 menjadi ke posisi 7. Sebuah perjuangan heroik yang diperlihatkan oleh pebalap Jagonya Ayam Motorsport ini.

“Kami memang merasa sangat cepat hari ini. Saya sangat senang melihat begitu banyaknya penonton di setiap SS. Selamat untuk para pemenang dan tak boleh patah semangat untuk mereka yang gagal di reli sulit ini. Semangat terus!” ujar Sean lagi.

Sayangnya, heroisme Sean/Hugo tak menular ke tiga pasangan Jagonya Ayam Motorsport lain. Ricardo Gelael/Gabriel Morales memilih tidak melanjutkan Leg 2, sementara Subhan Aksa/Mago Sarwono mengalami masalah teknis saat menuju ke Tobasari, dan terakhir Rudy Setia Laksmana/Adi Wibowo tersendat di SS8 Negeri Dolok Reverse.

Rifat Sungkar memenangi APRC Grand Finale ini sekaligus menjadi juara umum Reli Asia Pasifik, sementara H. Rahmat (Ame) yang dua kali berada di posisi dua, meraih trofi Asia Rally Cup. Ame juga berhak atas juara nasional reli 2023. Pebalap Selandia Baru, Hayden Paddon sudah lebih dahulu menggenggam trofi Pacific Rally Cup.

Setelah mengikuti APRC Grand Finale, menurut rencana Sean tampil di Asian Le Mans Series putaran pertama di Sepang, Malaysia, pada 2-3 Desember 2023. (arl/wto)

Leave a Reply

Top