You are here
Home > WRT > WRT 31 Buru Gelar WEC 2023, Catatan A. R. Loebis

WRT 31 Buru Gelar WEC 2023, Catatan A. R. Loebis


Sean Gelael bersama tim WRT 31 memburu gelar juara LMP2 WEC 2023. (jagonya ayam)

Pebalap Indonesia yang baru menerima penghargaan Lifetime International Achievement Award IMI 2021-2022, Sean Geael, kembali berjuang dalam tujuh putaran kejuaraan WRC 2023 yang dimulai Maret 2023.

Setelah beberapa kali menerima penghargaan sebagai best international driver, Sean Gelael kali ini menerima anugerah berbeda pada acara IMI Awards yang diberikan pada Sabtu (18/2) di Jakarta.

Sean menerima Lifetime International Achievement Award IMI atas dedikasinya dalam mengharumkan dunia balap Indonesia di kancah internasional. Selain tentu saja prestasi pebalap Team Jagonya Ayam itu di tingkat nasional, sejak gokart, sprint rally hingga speed rally.

Award diberikan oleh Ketua IMI Bambang Soesatyo kepada Sean dan beberapa atet dan tokoh otomotif lainnya, termasuk ayahanda Sean, Ricardo Gelael atas dedikasinya dalam memajukan dunia otomotif di Tanah Air (Indonesian Motorsport Achievement).

Nah, Sean Gelael kembali akan  menunjukkan kepiawaiannya berlaga di sirkuit mulai 18 Maret 2023 di Sebring International Raceway, Florida, Amerika Serikat.

Team WRT 31 diperkuat Sean Gelael, Robin Frinjs serta Ferdinand Habsburg yang menggantikan Rene Rast yang sedang dalam masa pemulihan dari cedera ketika berlaga di ajang Formula E di Meksiko.

Habsburg tidak asing dalam Team WRT, karena saat menjadi juara LMP2 pada 2021 sebagai tahun debut mereka, Habsburg adalah bagian dari mobil nomor 31 bersama Frinjs dan Charles Milesi.

Pebalap Austria itu tahun lalu juga di Team WRT, tapi membalap untuk mobil nomor 41 bersama Rui Andrade dan Norman Nato, di mana mereka berhasil memenangi satu race di Monza, Italia.

Sementara itu Sean, Rene dan Robin tahun lalu memenangi tiga dari enam race yang digelar dan menempati posisi runner-up dunia kelas LMP2.

Sedangan tahun sebelumnya (2021), Sean sebagai runner-up pada lomba LMP2.  Pada putaran awal 2021 di Spa Franchorchamps, Belgia, Sean berada di posisi ketiga, pada putaran kedua di Portimao, Portugal, naik podium kedua dan di putaran ketiga di Monza berada di urutan kelima, disusul laga ketat Le Mans Prancis di urutan kedua.

Pada kejuaraan 2021 dan 2022, Sean selangkah lagi tampil sebagai juara di grup LMP2. Pada kompetisi 2023, Sean pasti berusaha untuk tampil lebih baik, dengan mengincar atau memburu gelar juara.

“Saya terpacu untuk segera mengarungi musim 2023. Robin kembali, dan setiap Robin tampil ia butuh seorang Batman. Dan kami punya dua: saya dan Ferdi! Saya senang bisa satu tim dengan Ferdi dan terutama karena dua musim beruntun saya jadi runner-up terus, nyaris juara. Semoga yang ketiga saya bisa mewujudkannya!,” ujar Sean.

foto

Begitu kerasnya niat untuk juara, ketika Ferdinand menimpali: “Saya juga tak sabar untuk segera balapan bersama WRT yang merupakan keluarga saya. Saya reuni dengan Robin dan senang akhirnya bisa bekerja sama dengan Sean. Mobil 31 memburu gelar juara!”

“Tim kami tahun ini amat menjanjikan,” kata Robin menyelingi komentar sahabatnya. Ketiga pebalap itu sudah menyatukan tekad: memburu gelar juara!

Tentang kiprah WRT 31 pada 2022, Principal Team Vincent Vosse mengatakan, “Secara keseluruan, tim WRT amat hebat. Bisa naik podium dan memenangi empat laga, luar biasa.”

“Terasa sempurna dalam mengakhiri laga musim ini (2022). Tim sudah melakukan hal fantastis.  Mobil #31 melakukan lomba yang sempurna, ” katanya.

Kesan dan pesan Vincent ini tentu lebih menggelorakan semangat Sean dan mitra lombanya, untuk dapat melakukan sesuatu hal fantastis untuk menjuarai kompetisi 2023.

Keseruan Le Mans 24 Jam

Pada 10 dan 11 Juni 2023, merupakan momen besar bagi semua tim dan pebalap fiawec, karena mereka akan mengikuri Le Mans 24 Jam, sebagai laga edisi ke-100, sejak perlombaan diadakan pertama kali pada 1923.

Dalam daftar nama peserta sementara (provisional entry list) LMP2, hingga 27/2/23, yang dilansir laman fiawec.com, nama Sean Gelael (Idn = Indonesia) sudah tercantum sebagai pebalap pertama (first driver) sedangkan dua pebalap mitranya masih kosong, ditandai dengan istilah TBA.

Ada 24 tim yang akan tampil di grup LMP2, delapan di antaranya merupakan campuran antara pebalap prof dan amatir dan di kelas ini selalu terjadi kompetisi menegangkan dan amat dinantikan penonton.

Sean ketika pertama kali mengikuti Kejuaraan Le Mans 24 Jam di Sirkuit de la Sarthe, Prancis, (22/8/2021), dengan membanggakan naik podium ketika tampil sebagai runner-up.  Saat itu ia bermitra dengan pembalap Belgia Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist dari Inggris.  Pada Le Mans 24 Jam 2022, Sean tidak finish (dnf) karena mengalami masalah dengan kendaraannya, padahal mereka menempati pole posisi terdepan pada start lomba.

Di Le Mans nanti, beberapa pabrik bergengsi seperti Ferrari, Porsche, Peugeot, Toyota, Cadillac dan Glickenhaus, akan bersaing untuk mendapatkan piala bergengsi Contennial Trophy, yang dibuat bekerja sama dengan asosiasi Monnaie de Paris dan saat ini berada di tempat kondang Pebble Beach Concours dElegance di California.  Sebanyak 62 mobil akan melakukan start pada acara yang ditunggu-tunggu ini.

Le Mans 24 Jam akan menjadi perhatian tersendiri bagi pecandu olahraga otomotif dunia dan di Tanah Air menjadi pembicaraan khusus para penggemar lomba, karena acara itu pun disiarkan langsung sehingga masyarakat dapat menyaksikan kepiawaian Sean dan mitranya.

Laga fiawec 2023 sebagai musim ke-11, berlangsung tujuh putaran, diawali dengan Prolog Resmi di Sebring pada 11-12 Maret, menyusul race pertama musim itu – 1000 Miles of Sebring – pada 17 Maret, merupakan kegiatan “Super Sebring” akhir minggu.

Laga 6 Hours of Portimão di Algarve International Circuit akan diadakan pada 16 April, kemudia lomba dilanjutkan di TotalEnergies 6 Hours of Spa-Francorchamps.

Setelah berlomba di Le Mans yang megah, rombongan fiawec bertolak ke sirkuit lain untuk berlaga di 6 Hours of Monza yang berlangsung pada 9 Juli.

Pada 10 September, berlangsung 6 Hours of Fuji, merupakan edisi ke-11, berlangsung di lintasan yang terkenal dengan “super-long straight” serta ancaman yang menantang dari kondisi cuaca alamnya, kemudian kompetisi ditutup di 8 Hours of Bahrain pada 4 November.

Bahrain merupakan bagian dari kalender WEC sejak 2012 dan untuk 2023 merupakan edisi kedelapan sebagai tuan rumah putaran terakhir kejuaraan itu.

Sean Gelael yang penuh kegiatan selama masa rehat musim lomba, kini berangkat ke Sebring. Sebagai seorang atlet, selama masa libur, Sean melakoni banyak aktivitas.

Di antaranya mengikuti pertandingan Media Clash 2.0 Beach Games di Istora Senayan pada 19/2/23, kemudian tampil dalam acara ngobrol seru bersama penggemar di Booth Pertamina di Kemayoran 25/2/23.

Pada 14/2/23,  pebalap tim Jagonya Ayam Indonesia, Sean, melakoni lomba pemanasan mengikuti perlombaan Dubai 24 Jam didampingi Valentino Rossi dan berhasil menempati podium 3 (P3).

“Lomba di Dubai itu merupakan pencapaian amat baik yang akan selalu dikenang. Sebagai ajang pemanasan menjelang perlombaan fiawec 2023, ini merupakan awal yang baik,” komentar Ricardo mengomentari hasil lomba di Dubai 24 Jam.

Perburuan gelar juara 2023 akan berlangsung semakin seru dan Sean Gelael bersama mitranya pasti akan berusaha keras mencapainya dan masyarakat Indonesia pun selayaknya mengiringi dengan doa.

Selamat berlomba Sean!  (**)

Leave a Reply

Top