You are here
Home > FIA WEC > Zinedine Zidane pengibas bendera start Le Mans 24 Jam 2024

Zinedine Zidane pengibas bendera start Le Mans 24 Jam 2024


Foto : fiawec

MEDIABALAP.com (Jakarta) – Sebagai salah seorang atlet terbesar Prancis dan pemain sepak bola terbaik dalam sejarah pada zamannya,  Zinédine Zidane, terpilih untuk mengibaskan bendera start secara resmi pada laga Le Mans 24 Jam – yang juga merupakan putaran keempat kejuaraan ketahanan mobil FIA WEC.

Ia akan mengibaskan bendera start lomba itu pada pukul 4pm (16.00 wib), Sabtu, 15 Juni.

Le Mans 24 Ham, putaran keempat FIA WEC, berlangsung mulai pukul 4pm pada Sabtu 15 Juni 2024. Ribuan pasang mata akan menyaksikan sebanyak 62 mobil meluncur bergantian ketika bendera start itu diangkat Zinedin.

Untuk gelaran lomba bersejarah ini, Automobile Club de l’Ouest (ACO) mengundang super-star sepak bola Prancis itu untuk ambil bagian di dalamnya.

Zinedin adalah pemenang Piala Dunia, juara Eropa, juara Liga, baik sebagai pemain mau pun pelatih, peraih penghargaan Ballon d’Or. Ia memiliki bakat luar biasa dan masih banyak lagi koleksi penghargaan dan piala lainnya.

Sejak 1949, pengibas bendera start Le Mans 24 Jam umumnya dilakukan tokoh terkenal, naik dari dunia politik, olahraga, filem atau dari dunia hiburan.

Pengibas bendera start tersebut di antaranya termasuk Brad Pitt (2016), Rafael Nadal (2018), Alain Delon (1996), Presiden Prancis Georges Pompidou (1972) dan Steve McQueen (1971). Tahun lalu, untuk event yang ke-100 kalinya, bendera start dilakukan pemain bola basket kondang  LeBron James.

Pierre Fillon, Presiden Automobile Club de l’Ouest mengatakan, “Saya berterima kasih kepada Zinédine Zidane yang bersedia tampl sebagai starter untuk kejuaraan mendatang.”

“Le Mans 24 Hours merupakan event dunia dan bernilai sejarah tinggi. Tokoh dari beragam profesi pernah menjadi pengibar bendera start. Zinédine Zidane merupakan ikon, olahragawan yang bakatnya menginspirasi berbagai generasi.”

Sementara sang legenda Zinedin Zidane berujar, “ Le Mans 24 Jam tidak dapat dibandingkan dengan olahraga lain. Ini merupakan ikon bagi siapa saja yang menyukai olahraga otomotif dan penggandrungnya ada di seluruh dunia. “

“ Ini event kebanggaan Prancis.  Kepala saya penuh dengan gambaran tentang kejuaraan ini, tentang para pebalapnya yang legendaris. Berada di sana untuk pertama kalinya dan sebagai starter, merupakan suatu kehormatan luar biasa. Saya tidak sabar rasanya untuk segera mengibaskan bendera star di Le Mans 24 Jam itu,” kata Zinedin.

Dalam kejuaraan Le Mans 24 Jam ini, pebalap kondang Indonesia, Sean Gelael, akan turun mengendarai BMW M4 dengan nomor pintu 31, didukung Tim WRT, sedangkan mobil BMW nomor 46 dikendarai Valentino Rossi. (fiawec/arl)

Leave a Reply

Top