You are here
Home > BERITA > Latihan yang Tepat untuk Meningkatkan Stamina

Latihan yang Tepat untuk Meningkatkan Stamina


MEDIABALAP.com (Jakarta) – Salah satu tujuan olahraga yaitu untuk meningkatkan stamina. Namun, manfaat tersebut tidak akan bisa didapatkan jika tak mengetahui jenis latihan yang tepat, salah satunya kardio.

Banyak orang beranggapan bahwa supaya meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh cukup hanya dengan latihan kardio, seperti berlari atau bersepeda. Tapi, hal itu ternyata salah.

“Orang cenderung fokus pada aktivitas kardio seperti berlari atau bersepeda. Anda juga perlu meningkatkan kekuatan Anda,” kata pendiri personal training studio Willspace, Will Torres.

Will pun memberikan beberapa tips latihan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan stamina dengan baik, yaitu:

– Kombinasi latihan otot dengan kardio
Torres menyebutkan, kebanyakan orang melatih kardio dan otot pada hari yang berbeda. Padahal, jika dikombinasikan, kedua jenis latihan ini akan sangat baik untuk meningkatkan stamina.

“Coba gabungkan keduanya. Gunakan bench press, segera diikuti oleh pull-up, lalu berlari sejauh satu mil secepatnya dan ulangi,” kata Torres.

Contoh bagus lainnya yang bisa anda terapkan yaitu lompat tali yang diikuti jongkok, tekan overhead, dan diakhiri duduk. Ulangi.

– Kurangi jumlah istirahat di antara set
Pria biasanya memberi diri mereka antara 30 dan 90 detik waktu pemulihan di antara set latihan yang dilakukan. Jika  tujuan latihan adalah untuk meningkatkan daya tahan yang lebih besar, kurangi waktu istirahat.

“Pada akhir set Anda, otot Anda harus terbakar – Anda harus terengah-engah dan berkeringat. Istirahat saja jika Anda secara fisik tidak dapat melanjutkannya,” sebut Torres.

– Angkat beban dengan intensitas tinggi dan cepat
Torres menyebutkan, bila Anda mengangkat beban dengan intensitas tinggi dan cepat, hal itu tidak hanya meningkatkan kekuatan, tapi juga stamina dan daya tahan tubuh.

“Ini salah satu cara terbaik untuk menyalakan metabolisme Anda. Ketika orang melakukan latihan ketahanan hanya dengan jumlah yang berlebihan, mereka benar-benar memperlambat metabolisme mereka karena ia mulai makan di jaringan otot Anda,” terang Torres.

Foto: Shutterstock

– Pilih gerakan majemuk daripada isolasi.
Torres menyebutkan latihan isolasi yang bergerak hanya pada satu wilayah otot tidak bermanfaat besar utnuk meningkatkian stamina.

“Latihan terisolasi seperti ikal bisep dan lift kaki tidak akan merangsang Anda untuk meningkatkan stamina Anda,” kata Torres.

Menurutnya, gerakan majemuk seperti push-up dan pull-up merupakan latihan yang cocok diterapkan untuk meningkatkan stamina.

– Lakukan variasi jenis latihan
Torres menyarankan agar orang-orang memiliki banyak variasi latihan. Sebab, tubuh manusia akan terbiasa terhadap satu jenis latihan setelah rutin melakukanya selama dua minggu.

Contoh, jika selama ini Anda selalu rutin berlari, maka mulailah menggantinya dengan jenis latihan lain, seperti muay thai sebagai gantinya. Atau jika Anda seorang pengendara sepeda, ubahlah dengan menaiki tangga.

“Anda perlu menggerakkan otot dengan cara yang berbeda sehingga Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Plus, itu menjadi lebih memotivasi,”kata Torres menutup penjelasannya. (sean-gelael.com/abiyyu)

Leave a Reply

Top