You are here
Home > BERITA > RICARDO 2006, SEAN GELAEL 2021: AYAH-ANAK JUARA NASIONAL RELI!

RICARDO 2006, SEAN GELAEL 2021: AYAH-ANAK JUARA NASIONAL RELI!


RICARDO 2006, SEAN GELAEL 2021: AYAH-ANAK JUARA NASIONAL RELI!

MEDIABALAP.com (TOBA) – Perjalanan Sean Gelael di ajang Kejurnas Rally 2021 berakhir dengan status juara nasional. Ini berarti dia menyamai pencapaian sang ayah, Ricardo, yang meraih gelar itu pada 2006. 

Sean memenangi Putaran I Reli Danau Toba, di mana Ricardo juga ambil bagian dan finis di posisi 10. Sementara pada Putaran II andalan Team Jagonya Ayam ini finis di posisi dua.

Sean tampil sama bagusnya pada Putaran II seperti Putaran I. Dia unggul jauh dari satu SS ke SS lain, hanya beda lawan. Bila pada Putaran I Subhan Aksa, di Putaran II Nuno Pinto.

(Sean Gelael tampil sebagai juara umum Kejurnas Rally 2021. Dengan hasil ini, Sean sukses mengikuti jejak sang ayah Ricardo Gelael yang juga sukses jadi juara umum Kejurnas Rally pada tahun 2006).

Pada Reli Danau Toba hari Minggu (12/12) di Aek Nauli dan Gorbus, Sumatera Utara, Sean menjinakkan sesama driver Team Jagonya Ayam, Nuno Pinto. Dari 6 SS yang rencananya dilombakan, SS terakhir dibatalkan karena faktor keamanan.

Sean unggul keseluruhan hingga SS4. Pada SS1 dia unggul 37,2 detik atas Nuno, lalu 28,1 detik di S2, 44 detik di SS3, dan 41 detik di SS4, sehingga total 150,3 detik alias 2 menit 30,3 detik.

Pada SS5 di saat balapan akan berakhir sekitar 5 km lagi dari 14 km panjang SS, Sean mengalami insiden. Mobilnya tergelincir yang membuat dia dan co-driver Hugo Ismael tak bisa menuntaskan SS pamungkas tersebut pada waktunya. 

Akibat insiden tersebut Sean/Hugo kena penalti 2,5 menit, yang ditambah dari waktu tercepat yang dibuat Nuno. Tambahan waktu tersebut membuat Sean terklasifikasi finis di posisi dua, di belakang Nuno.

(Ricardo Gelael jadi saksi kesuksesan putranya Sean Gelael yang jadi juara umum Kejurnas Rally 2021. Sebelum Sean, Ricardo juga sempat jadi juara umum Kejurnas Rally pada tahun 2006)

Walau begitu, karena menjadi pemenang di Putaran I dan runner-up Putaran II Sean tetap berhak menjadi juara nasional Kejurnas Rally 2021. Status juara nasional itu sendiri baru dikukuhkan kemudian oleh IMI, di sebuah acara penganugerahan.

“Saya mohon maaf kepada tim dan semua pendukung saya akibat insiden yang membuat gagal menang di Putaran II. Penyebab insiden adalah rem terkunci dan mobil tergelincir begitu saja. Mobil tidak rusak parah, hanya tidak bisa segera dievakuasi,” ujar Sean.

Nuno mengakui kecepatan Sean. “Sean sangat berhak memenangi Reli Danau Toba hari ini, karena dia amat cepat dan saya tidak bisa melawannya bila tidak ada insiden itu. Tapi balapan memang begitu, insiden bisa menimpa siapa pun,” kata pebalap Portugal itu.

Hasil Putaran II Kejurnas Rally
1. Nuno Pinto/Joao Agusto (Citroen) 51:59,3
2. Sean Gelael/Hugo Ismael (Citroen) 54:59,0
3. Glenn Nirwan/Adi Indiarto (Subaru) 56:09,2
4. Bimo Pradikto/M. Herkusuma (Mitsubishi) 56:43,4
5. Subhan Aksa/Mago Sarwono (Mitsubishi) 57:01,3

ACF/ARL

Leave a Reply

Top